Nama : Nurul Fiqih Budianti
Kelas : 2df02
Npm :
56213721
Tugas : Softskill ( komunikasi bisnis ) ke-1
Pengertian komunikasi bisnis
Komunikasi
bisnis adalah pertukaran gagasan , pendapata, informasi , instruksi yang
memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui
simbol – simbol atau sinyal .
Contoh kasus
:
PT Golden Castle ,
bergerak dalam bidang konveksi atau textil, mengalami permasalahan antara perusahaan dengan
karyawan. Permasalahan ini terjadi yang disebabkan oleh adanya
miss communication antara atasan dengan karyawannya. Adanya perubahan kebijakan
dalam perusahaan
mengenai penghitungan gaji atau upah kerja karyawan, namun pihak perusahaan
belum memberitahukan para karyawan, sehingga karyawan merasa
diperlakukan semena-mena oleh pihak perusahaan. Para karyawan mengambil tindakan yaitu
dengan mendemo perusahaan, Namun tindakan ini berujung pada PHKbesar-besaran yang
dilakukan oleh perusahaan.
Perusahaan manapun pasti
pernah mengalami permasalahan internal. Mulai dari tingkat individu, kelompok, sampai
unit. .Mulai dari derajat dan lingkup permasalahan yang kecil sampai yang besar. Yang relatif
kecil seperti masalah adu mulut tentang pribadi
antarkaryawan, sampai yang relatif besar seperti beda pandangan tentang strategi
bisnis di kalangan manajemen.
Contoh lainnya dari permasalahan yang relatif besar yakni antara
karyawan dan manajemen. Secara kasat mata kita bisa ikuti berita sehari-hari di
berbagai media. Disitu tampak permasalahan dalam bentuk demonstrasi
dan pemogokan.
Apakah hal itu karena tuntutan besarnya kompensasi, kesejahteraan,
keadilan promosi karir, ataukah karena tuntutan hak asasi manusia karyawan.
Penjelasan
kasus :
Didalam hubungan
komunikasi di suatu lingkungan kerja atau perusahaan antara individu akan sering
terjadi. Permasalahan yang sering terjadi biasanya adalah karena masalah kominikasi yang kurang
baik. Sehingga cara mengatasi masalah dalam perusahaan harus benar-benar dipahami
management inti dari perusahaan, untuk meminimalisir dampak yang timbul. Permasalahan atau konflik
yang terjadi antara karyawan atau karyawan dengan atasan yang terjadi karena
masalah komunikasi harus di antisipasi dengan baik dan dengan
system yang terstruktur. Karena jika masalah komunikasi antara atasan dan bawahan
terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya
mogok kerja, bahkan demo.
Sehingga untuk mensiasati masalah
ini bias dilakukan dengan berbagai cara :
1. Membentuk
suatu system informasi yang terstruktur, agar tidak terjadi
kesalahan dalam komunikasi. Misalnya, dengan membuat papan pengumungan atau
pengumuman melalui loudspeaker.
2. Buat
komunikasi dua arah antara atasan dan bawahan menjadi lancer dan harmonis, misalnya dengan membuat
rapat rutin, karena dengan komunikasi yang dua arah dan intens akan mengurangi
masalah di lapangan.
3. Beri
pelatihan dalam hal komunikasi kepada atasan dan karyawan, pelatihan akan memberikan pengetahuan dan
ilmu baru bagi setiap individu dalam organisasi dan meminimalkan masalah dalam
hal komunikasi Biasanya masalah timbul karena lingkungan yang kurang kondusif di suatu
perusahaan. Misalnya, kondisi cahaya yang kurang, atau
sirkulasi yang kurang baik, dan temperature ruangan yang tinggi sangat mungkin
untuk meningkatkan emosi seseorang, jadi kondisi dari lingkungan juga harus di perhatikan.
Sumber :
terima kasih informasinya
BalasHapusTerimakasih, ini sangat membantu
BalasHapusmakasih kak. semoga terus berkarya
BalasHapus